Kamis, 31 Mei 2012

HIDROQUINON


HIDROQUINON
Paparan sinar matahari dipercaya dapat mempercepat perubahan kulit. Diantara perubahan yang tampak ialah:
  • ketebalan kulit berubah dengan sebagian dermis kulit berkurang 20 % disamping itu lapisan kulit lebih kaku dan kurang elastic.hasil perubahan ini akan menyebabkan kulit menjadi kendur dan lebih tipis.
  • kadar pertukaran sel pd bagian epidermis menyusut 30% hingga 50% diantara umur 30 hingga 80 Thn. Perubahan ini menyebabkan kulit butuh waktu lama utk dpt diperbaharui. apabila terjadi luka pd kulit kadar penyembuhannya memakan waktu lama.
  • Jumlah sel yg terlibat di dalam melawan bakteri di kulit akan menyusut 50% dan menyebabkan fungsi imun menurun.ketebalan kulit yg semakin menipis memudahkan terjangkitnya penyakit.
  • Sel melanosit yg mengeluarkan melanin juga berkurang 10% hingga 20% ini menyebabkan kulit tdk berupaya melindungi bahaya pancaran sinar ultra violet matahari.
  • Kulit lebih kering disebabkan pengeluaran sebum berkurang 60%.apabila ini terjadi,kulit tdk berupaya menahan kelembaban.
Memahami product pencegahan penuaan kulit
Salah satu penyebab penuaan kulit adalah pancaran sinar matahari. Maka untuk menjaga kulit agar kelihatan awet muda dengan cara melindungi kulit dengan pelindung kulit saat berada di luar rumah. Terdapat banyak product kosmetik dipasaran yang dapat menjaga kulit agar kelihatan lebih muda, salah satunya ialah product yang mengandung hidroquinon .
Secara umum,terdapat berbagai jenis product pembersih dan pemutih wajah di pasaran. Product-poduct tersebut disinyalir mengandung berbagai jenis bahan aktif yang digunakan. Antara lain hidroquinon, raksa/mercuri,  Acid Ascorbi, dan Peroksida. Namun kebanyakan bahan aktif tersebut digunakan secara bertahap dikarenakan efek sampingnya yang berlebih.
Product yang mengandung bahan aktif HQ memang sangat berkesan sekali untuk menghilangkan noda hitam. Dalam satu kajian yang telah di jalankan di Amerika serikat product yang mengandung 2% dan 5% hidroquinon telah di uji terhadap 50 orang yang mempunyai masalah noda hitam pada kulit. Sebanyak 12% dari jumlah orang di teliti adalah penduduk berketurunan kulit hitam . Mereka dibersihkan  dua hari sekali selama sebulan. Hasilnya sangat berkesan karena dapat menghilangkan noda hitam pada 44 orang dari 56 orang yg di uji. Product yang mengandung 5% hidroquinon mengakibatkan efek samping yang berlebih (rasa terbakar) pada kulit. Bila dibandingkan dengan product berkadar 2% hidroquinon mengakibatkan sedikit rasa sakit. Product dengan kandungan HQ 2% hanya cocok bagi yang berkulit cerah dan memiliki masalah melasma ringan. Hasil kajian ini sangat berkesan karena HQ dapat membatasi pengeluaran melanin oleh melanost di dalam Epidermis. HQ jg mampu menembus kulit dan menyebabkan penebalan zat Colagen.
Dalam product pemutih kulit yang mengandung  HQ, efek samping HQ lebih ringan jika digunakan dengan kadar yang rendah, tetapi rasa terbakar akan terasa jika digunakan dgn kadar yang lebih tinggi. Apabila terus menerus digunakan serta ditambah dengan paparan sinar matahari maka dapat mengakibatkan banyak noda hitam dan benjolan kekuningan pada kulit yang juga disebut Okronosis.
Hidroquinon selain berbahaya pada kulit, jika termakan dapat menyebabkan keracunan yang serius. Sekiranya sampai termakan dalam jumlah 5 sampai 15 gram, bahan tersebut akan mengakibatkan kerusakan sel darah merah (anemia,hemolitik).

Retin-A dan AHA
Retin –A merupakan nama dagang bagi tretinoin yang dapat mengikis lapisan kulit sedikit demi sedikit sama seperti hidroquinon. Obat ini juga digunakan sebagai obat jerawat.selama bahan ini digunakan, kulit akan kelihatan merah, rasa pedih,kering, dan gatal-gatal.  kulit juga akan lebih peka terhadap sinar matahari sehingga penggunanya harus menghindar dari sinar matahari. Isotretinoin juga mempunyai efek yang sama dengan Retinoin dalam mengatasi masalah jerawat serta untuk mendapatkan kulit putih dan lembut. Kedua bahan tersebut tidak boleh digunakan bagi ibu yang sedang mengandung karena Isotretinoin dapat menyebabkan kecacatan janin.
Alpha Hidroxy Acid (AHA) dapat digunakan  untuk pengelupasan kulit wajah agar kulit baru yang lembut dan licin dapat menggantikan sel kulit mati yang telah dikelupas. Sama yang dihasilkan oleh Isotretinoin. Acid ini terdari dari pada Acid Lactic ( yang diperoleh dari susu ),  Acid Citric ( dari buah-buahan ), Acid Glycolic, Acid Tartaric.
KULIT
1. Kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia
2. Fungsi utama kulit:
  • Melindungi bakteri, cahaya UV, bahan kimia dan luka
  • menjaga suhu tubuh
  • Menghasilkan vitamin D
3. Rata-rata berat 4,8kg untuk laki-laki dan 3,2kg untuk wanita
4. Sel-sel baru di hasilkan setiap 28 hari
5. Rata-rata ketebalan 4mm
6. Kandungan keringat terdiri dari
  • 98% air
  • 1,98% garam
  • 0,02% bahan-bahan seperti urea,gula , acid lactic dan albumin
7. Permukaan kulit mempunyai pH 4,5 - 5,5 dikatakan ber-pH rendah
8. Sebum ( minyak alami tubuh ) yang dikeluarkan oleh kelenjar sebum terdiri dari Acid lemak bebas , trigliserida, kolesterol,    wax dan vitamin pelarut lemak. Sebum yang menyebabkan permukaan kulit berminyak berfungsi sebagai pelicin kulit.

STRUKTUR KULIT
Kulit terdiri dari tiga lapisan utama
1.EPIDERMIS
Terdiri dari sel – sel berlapis. Sel-selnya selalu mengalami proses pertukaran melalui penggantian dan pembuangan sel-sel mati. Apabila sel-sel di permukaan kulit dibuang maka akan timbul sel kulit baru. Ketika perubahan ini, sel-sel kulit akan mengandung jumlah keratin yang lebih banyak sehingga   menyebabkan sel kulit pada lapisan paling luar menjadi keras. Sel-sel ini tidak menyerap air dan bertindak sebagai lapisan pelindung terhadap sinar matahari dan bahan kimia . Selain daripada keratin, sel-sel melanosit juga penting untuk menghasilkan melanin yang  menyebabkan timbulnya warna kulit.
2.DERMIS
Terdiri dari sel-sel hidup bersama-sama dengan saluran darah. Pada lapisan ini,Fibercolagen banyak di bentuk yang berfungsi menjaga keremajaan kulit. Apabila usia meningkat ,Fibercolagen akan menyusut yang menyebabkan kulit kendur dan berkeriput. Struktur saluran darah dan sel-sel pelindung seperti fibroblast dan sel mast banyak terdapat pada lapisan dermis. Juga pori-pori untuk kelenjar keringat , kelenjar sebum dan porikel rambut akan kelihatan. Pori-pori ini akan mudah tersumbat jika terdapat kotoran yang menutupi permukaan pori-pori. Saluran darah pada lapiasan dermis ikut serta dalam menjaga suhu tubuh. Dengan demikian kulit akan kelihatan kemerah-merahan di sebabkan oleh pengembangan saluran darah. Dalam keadaan dingin,saluran darah akan mengecil sehingga menyebabkan asupan darah ke kulit berkurang dan menyebabkan kulit menjadi pucat.
3.SUBKUTIN
Terdiri dari sel lemak dan sel pelekat  yang longgar yang bertindak sebagai pengatur suhu tubuh, penyimpan energy dan penyerap getaran.
Beberapa zat kimia digunakan dalam proses pemutihan (bleaching) antara lain klorin,sodium hidroksid, kalsium hipoklorit, klorin dioksid, hydrogen peroksid dan sodium peroksid.


Kerja Part time 1-2 jam perhari, gaji puluhan juta rupiah. Hanya ada di bisnis ODAP terbukti membayar dan bukan penipuan. http://www.penasaran.net/?ref=iewawi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar